Kegiatan Kelas Ibu Hamil di Aula Kantor Desa Kalibukbuk

komang sutanaya 26 April 2022 22:14:04 WITA

KALIBUKBUK –  Kelas ibu hamil adalah kelompok belajar ibu-ibu hamil dengan umur kehamilan antara 4 minggu sampai dengan 36 minggu ( menjelang persalinan ). Tujuan kelas ibu hamil adalah meningkatkan pengetahuan, merubah sikap dan perilaku ibu agar memahami tentang kehamilan, perubahan tubuh dan keluhan selama kehamilan, perawatan kehamilan, persalinan, perawatan nifas, KB pasca persalinan, perawatan bayi baru lahir, mitos/kepercayaan/adat istiadat setempat, penyakit menular seksual, dan akte kelahiran.

Selasa, (26/04/2022) pukul 08.30, Puskesmas Buleleng II melaksanakan Kegiatan Kelas Bumil di Aula Kantor Desa Kalibukbuk Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng yang diikuti 20 peserta ibu hamil. Kegiatan ini dihadiri oleh Bidan Desa, Kader PKM Desa Kalibukbuk , Mahasiswa kedokteran yang membantu kegiatan. Kegiatan ini dibuka oleh Tim dari Puskesmas yang juga sekaligus pemberi materi dalam kegiatan kelas bumil ini , ia menyampaikan materi tentang pemanfaatan buku KIA bagi ibu hamil.

Ada 4 point yang harus diperhatikan dalam buku KIA yaitu

  • Buku KIA harus selalu dibaca dan dimengerti
  • Buku KIA harus selalu dibawa jika periksa di fasilitas pelayanan kesehatan (Puskesmas, RS, Posyandu, BPM, Polindes, dll)
  • Buku KIA jangan sampai rusak dan hilang
  • Buku KIA harus dijelaskan isinya oleh tenaga kesehatan.

Setelah menyampaikan materi tentang bumil , dilanjutkan dengan tanya jawab dengan peserta, dan dilaksanakan kegiatan cek darah dan senam ibu hamil, acara di tutup pukul 12.00. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan ibu hamil dan keluarga mampu menyiapkan kehadiran buah hati secara optimal

 

Dokumen Lampiran : Kegiatan Kelas Ibu Hamil di Aula Kantor Desa Kalibukbuk


Komentar atas Kegiatan Kelas Ibu Hamil di Aula Kantor Desa Kalibukbuk

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi KALIBUKBUK

tampilkan dalam peta lebih besar