Kegiatan Persembahyangan Hari Raya Tumpek Landep di Pura Desa Adat Banyualit

komang sutanaya 09 April 2022 13:18:53 WITA

Sabtu (09/04/2022) , Dilaksanakan kegiatan persembahyangan bersama dalam rangka Hari Raya Tumpek Landep , yang bertempat di Pura Desa Kalibukbuk yang dihadiri oleh perangkat desa, dan warga lainnya

Umat Hindu khususnya di bali selalu melaksanakan Pemujaan keterkaitan dengan Pelaksanaan hari - hari Raya Keagamaan  sebagai Pewarna kehidupan Sosial umat hindu, perayaan hari Raya dimaksud adalah sebagai perwujudan Sradha Bahkti  kehadapan Tuhan Yang Maha Esa ( Ida Sanghyang Widhi wasa ) dengan segala Prabawanya, yang salah satu pelaksanaan hari raya tersebut yaitu Tumpek Landep.Hari raya Tumpek Landep adalah hari yang dikhususkan untuk memohon keselamatan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang dalam wujudnya sebagai Dewa Senjata ( Pasupati ). Tumpek Landep diperingati saat Saniscara Kliwon wuku Landep setiap 6 bulan sekali. Pelaksanaan upacara Tumpek Landep dilaksanakan di Bali karena mengandung hakekat dan makna yang tinggi dan sangat berhubungan dengan kehidupan manusia di dunia terutama mengenai intelegensi manusia, karena manusia itu sendiri adalah termasuk makhluk religious yang selalu berhubungan dengan kekuatan supra natural.

Dalam Tumpek Landep, Landep yang diartikan tajam mempunyai filosofi yang berarti bahwa Tumpek Landep merupakan tonggak penajaman, citta, budhi dan manah (pikiran). Dengan demikian umat selalu berperilaku berdasarkan kejernihan pikiran dengan landasan nilai – nilai agama. Dengan pikiran yang suci, umat mampu memilah dan memilih mana yang baik dan mana yang buruk.Tumpek landep merupakan tonggak untuk mulat sarira / introspeksi diri untuk memperbaiki karakter agar sesuai dengan ajaran – ajaran agama. Pada rerainan tumpek landep hendaknya umat melakukan persembahyangan di sanggah/ merajan serta di pura, memohon wara nugraha kepada Ida Bhatara Sang Hyang Siwa Pasupati agar diberi ketajaman pikiran sehingga dapat menjadi orang yang berguna bagi masyarakat. Pada rerainan tumpek landep juga dilakukan pembersihan dan penyucian pusaka warisan leluhur.

Komentar atas Kegiatan Persembahyangan Hari Raya Tumpek Landep di Pura Desa Adat Banyualit

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi KALIBUKBUK

tampilkan dalam peta lebih besar